Saturday, January 13, 2018

DAY 6 TRIP JAPAN




Suara angin malam yang selalu mendorong-dorong jendela terasa sangam mengemar di telingaku, seakan-akan adalah nada ucapan selamat malam di Tsuruoka. Satu persatu bunyi dari barang yang selalu kami bawa itu berkokok tepat pada pukul 05:00, kami pun terbangun untuk menunaikan kewajiban.

cuplikan salah satu video pas ane disana gan :

Video 1 [Snow]
Video 2 [Aquarium]

Tsuruoka, 06 Februari 2017

Pagi itu udara terasa lebih hangat dari malam sebelumnya, setelah ane liat pemandangan di luar, ternyata salju-salju sudah bertumpukan. Sebelum keluar, temen ane masak neeeeh gan, gak sia-sia dia di Jepang malah bisa jadi koki buat diri sendiri :v hahaaah. Ane dibikinin kare gan sama si Deny.
neeh gan
mantap den hahaah :v
waaaah keliatan nya enak neeeh gan x))

Setelah nunggu sekitar 15 menit an akhirnya mateng juga neeh masakan gan, disitu menunya ada abon, kare, sama kornet gan. Langsung gaaas makan ajalahyaa hahahaaa ittadakimasu gan xD jangan lupa makan juga gan xD

Energipun sudah terisi dan kamipun bergegas keluar menuju Kampus pertanian gan, Eeeeh pas sampe luar angin nya malah sembribit kenceng gan lumayan dingin sih waktu itu sekitar -3 drajat gan brrrrrrrrrrrr hahahaaaah xD

pemandangan diluar rumah gan
Gak nyangka pemandangan diluar rumah sudah memutih semua gan, dibandingkan semalem salju di pagi ini lumayan lebih tinggi. Dari penginapan temen ane ke Kampus itu kira-kira ngabisin 15menit an gan kalo jalan. Karena barang yang dibawa hari ini cuman tas biasa sama se cangklong kamera, jadi gak terlalu jadi masalah buat jalan gan heheeeh. Sambil jalan ane liat lengkungan warna-warni yang dalam sekejap menghias langit gan, lucky banget lah yaaa dan berharap hari itu juga menjadi hari yang lebih menyenangkan heheeeh x)).

You'll never find a rainbow if you're looking down

 ― Charlie Chaplin―

 

Pagi itu wira-wiri mobilpun sudah mulai terasa pada pukul 08:30 an gan, harus hati-hati neeeh ya kalo nyetir dalam kondisi winter-winter gini, bisa kepleset tuh mobil entar xD hahahaah. Jalan sambil ngobrol, dan melihat pemandangan sekitar pun membuat kami lupa kalo kami sebentar lagi akan nyampe di kampus pertanian yamagata untuk yang ke dua kalinya hahaaah.

Kampus pertanian Yamagata
Kurang lebih kek gini gan kampus pertanian nya, jadi kalo di Yamagata University itu kampus nya emang pisah-pisah tempat nya, ada yang di Tsuruoka, Kojirawa, dan Yonezawa gan. Karena si deny tadi ada jadwal ngelab kitapun pisah didalam, anepun nunggu temen ane yang lagi lanjut s2 disini.

Setelah beberapa menit nunggu akhirnya temen ane pun dateng gan. Ane diajakin muter-muter di sekitar daerah Tsuruoka gan sama dia. Tujuan pertama yaitu pinggir jalan yang jelas karena pengen foto-foto di tempat yang luas saljunya anepun di bawa ke sawah-sawah yang waktu itu semuanya udah ketutup salju gan.

*abaikan muka karena emang dingin banget gan hahahaah*
Karena udah gak betah dengan dingin nya angin-angin yang menyambar-nyambar kitapun berlarian masuk ke mobil lagi gaaaan. Dan kita lanjut ke perjalanan selanjutnya, kitapun diajakin ke Jinja atau temple gan yang ada di daerah pegunungan, lumayan jauh juga neh gan kalo dari kampus bisa 30 menit an kalo pake mobil, gatau lagi kalo jalan kaki gan ahahahaaah.

Setelah parkir mobil, kita pun jalan ke bawah lumayan jauh gan, dan harus exstra hati-hati karena jalannya lumayan licin jalannya, dijalanpun kita menjumpai para photographer-photographer yang ingin mengabadikan pemandangan di sekitar jinja tersebut gan.

Karena pemandangan yang ada disetiap jalan yang selalu menggoda, kamipun setiap ada spot yang menurut kami menarik, langsung tanpa pikir panjang langsung berhenti dan memfoto alam sekitar heheheeh, jadi jalannya agak lumayan lama gan x)

Di selah selah salju masih ada air mengalir
pose dulu gan mumpung ada spot yang cocok heheeeh
Kamipun lanjut perjalanan lagi gan, seletah meninggalkan jejak-jejak kaki pada tumpuhan salju, kamipun samar-samar melihat tempat yang akan menjadi destinasi kami gan.

panorama tempat dari kejauhan
panorama dari dalam gan
Didalem karena kita emang gak boleh ngefoto selain di lobby yaudah anepun gak ada gambar lain selain inigan. Didalem bangunan ini terdapat patung dewa-dewa jepang yang namanya sendiri ane kaga tau gan. Ada beberapa patung di bangunan tersebut yang konon menurut cerita orang-orang Jepang sering berdoa pada Dewa tersebut.

Setelah puas mengitari, temen ane yang sering dipanggil Oca itu pun mengambil omikuji atau ramalan gan, yang dipercaya apa yang dikatakan di selembar kertas itu akan menjadi kenyataan di hari-hari berikutnya. Yang isinya mulai dari karir, percintaan, dan lain-lain heheheeeh.

Kemudian kamipun berjalan keluar gan karena emang jam nya udah mepet buat lanjut ke perjalanan berikutnya.

makasih mba rosa dan mas ikke yang sudah ngajakin kita muter-muter x))
Selanjutnya kita akan pergi ke daerah yang lebih atas lagi, tapi karena saat itu ada peringantan jalan licin dan sangat rawan untuk dilewati, kamipun putar balik dan kembali di dekat area Kampus.

Saat itu salah satu temen kami yang sedang exchange, sedang ada part time job disalah satu warung Okonomiyaki gan, jadi sekalian ketemu temen ane, kami juga bisa ngisi perut gan heheheeeh x)). Yuuuups Let's Gooooooooooooo !!!!

makasih mas ikke udah dianterin muter-muter kansyashiteiru lah pokoknya

Tapi sebelum makan kita juga sempet diampirin ke taman dulu gan, walaupun spot biasa kalo emang tempatnya bersih sama rapi itu emang bikin nyaman gan heheheeeh, langsung aja ini beberapa foto taman deket fakultas pertanian yang ada di Yamagata.

waaah dijagain dua kyuubi neeh tapi masih ekor satu :v wkwkw
gilar in action *walaupun kecil gak kalah sama kyoto gan view nya* eheheheeh
asik banget gan pemandangan sekitar sini, bakalan lebih bagus kalo spring neeeh
Gak nyangka ada tempat yang asri kek gini disini gan heheheeh, lumayan neeeh kalo buat nongkrong sambil ngopi-ngopi gitu xD. Setelah mengabadikan beberapa memory di tempat ini kamipun lanjut ke tempat temen ane yang lagi part time job an gan. Karena gak jauh dari nih taman, beberapa menit kemudian kami sampe tuh kewarung okonomiyaki nya gan. *hmmmmm kek gimana ya masakan disana*.

lagi ngeracik-racik bumbu keknya gan orangnya
Pas kami masuk, orangnya pun langsung cengar-cengir gan wuahahahaha xD , *pelayan bening(namanya) tolong ambilkan minum xD sambil ngakak gan*

heh ning ra ngguya-ngguyu koe hahahah xD
Temen ane pun datang dengan profesionalnya wuakakak sambil bawa pulpen dan kertas, sambil nyetet pesenan kimi pake huruf-huruf kanji gan :v , dia bahasa jepangnya udah Japanese People Level gan padahal dari fak Pertanian -___-

Beningpun kembali kedapun dan memberikan catanan menu yang sudah ia tulis kepada kokinya gan *cak siapa ya ane lupa namanya tapi orangnya asik gan heheeeh* sambil merhatiin gimana cara masak okonomiyaki ane ngobrol tuh sama cak koki gan heheeeh* ternyata dia bisa bahasa indonesia gan "walaupun hanya sekedar terimakasi" heheheeh tapi ane seneng karena beliau tau ungkapan rasa terimakasih dari bahasa negeri ane x)).

Setelah sekitar 10menit menunggu, akhirnya Okonomiyaki nyapun jadi jugaaa heheheeh, oishisou lah pokoknya gan heheeeh, ittadakimasu.

Okonomiyaki cak tsuruoka
Rasa nya udah gak bisa dijelasin gan pokoknya enak gitu aja daaah ahahaaah udah gak kebayang gimana rasa asin atau manis nya neeeh masakan xD ahahaah, porsi per porsipun kami habiskan. Dan gak kerasa waktu sudah mulai nyuruh kami untuk menlanjutkan ke perjalanan selanjutnya heheeeeh x))

Setelah meninggalkan warung okonomiyaki milik cak tsuruoka, ane pun lanjut ke Suizosukan atau Aquarium, tempat nya ada dideket Tsuruoka Beach gan, sangat di rekomendasi in kalo agan-agan lagi liburan di Tsuruoka, mampir aja gan di tempat ini dijamin bagus kok apalagi buat yang couple-couple an wuaakakakak :v.

Tsuruoka Beach
Kamipun langsung memasuki area aquarium gan, seumur hidup baru ini ane masuk ke aquarium gan, dan luarbiasa indahnya gan, ternyata masih ada banyak makluk hidup yang belum ane tau di lautan luar ini. Berbagai hewan laut dari yang lucu  seperti ubur-ubur sampai dengan yang aneh cacing-cacing yang gerak-gerak pun ane jumpai di aquarium tersebut heheeeh.

kek dejavu gan liat neeh hewan hahahah xD
ini katanya bisa nyetrum gan, kek pikachu aja heheeeh :v
indah banget gan
Setelah muterin aquarium, ternyata masih ada satu pertunjukan terakhir sebelum pintu keluar gan, masih ada pertunjukan anjing laut heheeeh asik banget bisa ngeliat hewan dan manusia dengan begitu akrab nya heheeeh x)))
kebetulan temen ane ambil neh foto heheeeh, lagi mau moto pertunjukannya gan
Dari aquarium ini ane jadi tau masih banyak hewan laut dibawah sana yang masih belum ane ketahui, sebelum nya taunya cuman lele, lele, dan lele soalnya gan wuakakakak xD , dan di dunia yang luas ini masih banyak yang harus dipelajarin *weseeeeh hahaaaah*.

Perjalanan dunia laut sudahlah berakhir dan kamipun keluar dan langsung menghampiri mobil yang kita tumpangi, kita gak sempet pergi ke pantai karena emang kondisi cuacanya yang lagi buruk, tetepi banyak teman saya merekomendasikan sunset dari Tsuruoka Beach ini, tapi sayang sekali cuaca kali ini sedang tidak bersahabat, kamipun memutuskan untuk kembali ke kampus.

Karena jam 17:00 an masih ada janji ketemuan dengan teman, makan setelah ane nyampe kampus ane langsung menuju lantai 3 untuk bertemu dengan temen-teman ane sewaktu 2015 dulu gan, yang sekarang lagi penelitian di kampus. Temen ane pun nyempetih ketemu ane disela-selah kesibukan nya heheheeeh makasih banget x))

akarin oshisashiburi~
nonchan mo ohisashiburi~
Akhirnya setelah 2 taun kaga ketemu neh orang-orang akhirnya bisa ketemu juga gan heheeeh x)) , seneng lah ya bisa nostalgia sama temen-temen kek gini heheheeh x)) kita pun ngobrolin mulai dari dari kata "ngapain ke jepang ?" sampe "kapan ke jepang lagi ?" heheeeeh, dan obrolan kitapun berhenti sampe si Akarin tadi pergi buat part time job ngelesin anak-anak SD gan, lumayan tuh gan gajinya ngelesin anak SD sekitar 2 jam setengah bayarannya 6000yen atau sekitar 600 ribu lebih heheeh xD

Anepun balik lagi ke loby buat nungguin si Deny selesai penelitian buat balik ke penginapan bareng gan heheeeh x)) Galap benget sampe sebulumnya ane bingung buat ngidupin lampunya disebelah mana hahaaah :v akhirnya ada orang yang mau ngebantu ngidupin neh ruangan.

ane nungguin disini neh gan, gelap ya kalo kaga dihidupin lampunya xD

Akhirnya deny pun sudah keluar dari lab nya dan kita bertiga jalan bareng lagi buat kembali ke penginepan gan x)). Hari ini menjelajah ke berbagai tempat yang ngebuat ane belajar banyak dan tau betapa kecilnya ilmu-ilmu ane jika dibandingin dengan orang-orang yang sedang berjuang disini.


Cerita selanjutnya akan ane upload di Day 7 gan, jangan lupa di baca yaaa ...


TERIMAKASIH

0 komentar:

Post a Comment

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA